1
Tes IQ adalah alat ukur kecerdasan yang hasilnya berupa skor, dan sering dilihat sebagai acuan kecerdasan sesorang. Padahal skor itu tidak berdiri sendiri. Ia berhubungan dengan pola asuh, hubungannya dengan keluarga, kebiasaan belajar dan faktor lingkungannya.

Intelegensi adalah kemampuan bertindak secara terarah, berpikir secara rasional dan menghadapi lingkungan secara efektif.

Kepala Divisi Klinik dan Kesehatan masarakat LPT UI, Indri Savitri, S. Psi. memaparkan, intelegensi tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan wujud dari proses berpikir rasional.

Istilah kecerdasan secara umum digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan seperti penalaran, perencanaan, dan pemecahan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa dan belajar.

Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut tes IQ. Ada pula yang berpendapat bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Ada 3 situs penyedia layanan tes IQ  yang bisa dijadikan referensi:

1 . IQelite_ID
Situs tes IQ Online ini dikembangkan oleh para ahli psikologi dan telah diuji di SRH University of Applied Science Heiderberg. 

Situs berbahasa indonesia ini cara penggunaannya cukup mudah. Pertama sobat harus daftar dulu untuk login ke situs tersebut. Sobat disuruh menjawab 37 pertanyaan dan diberi batas waktu tertentu. Setelah menyelesaikan semua pertanyaan, maka sobat akan diberikan skornya Jika sobat salah dalam menjawab pertanyaan, sobat bisa mengulanginya lagi.
  


Poskan Komentar

 
Top