8
Om Bob Begitu dia dipanggil, pengusaha nyentrik yang pergi kemana-mana selalu memakai celana pendek. Pebisnis sukses ini terkenal dengan gaya bicara yang blak-blakan yang sudah jadi karakternya yang serba cuek.

Dia adalah Bob Sadino salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang memulai usahanya dari bawah yang sekarang mempunyai usaha Kemchick dan Kemfood.

Om Bob panggilan akrab Bob Sadino memang membangun usaha bukan bin salabin langsung menjadi pebisnis sukses. Om Bob membangun usaha dari bawah dan melewati banyak kegagalan dalam merintis usaha sehingga menjadi seperti sekarang ini. “Dalam menjalankan bisnis itu yang terpenting adalah action dan berusaha dengan totalitas dan jangan takut untuk gagal,” kata pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1933 itu.
Awal mulanya Om Bob punya tekad untuk bekerja secara mandiri, maka ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya yang selama itu menghidupinya. Dalam mencari usaha yang cocok dengan karakter dia, Om Bob pernah menjadi supir, bahkan pernah menjadi tukang batu sampai pernah mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Untuk melawan depresinya, seorang teman menyarankan Om Bob untuk memelihara dan berbisnis telur ayam negeri. Walaupun pada waktu itu ayam kampung masih mendominasi pasar di Indonesia, tapi tekad Om Bob untuk memperkenalkan ayam negeri dan telurnya tak pernah surut.

Dengan berjalannya waktu dengan penuh krikil dari kegagalan yang menimpa dan pantang menyerah, akhirnya usaha Om Bob berkembang pesat dan melanjutkan usahanya  dengan berjualan daging ayam. Selain itu Om Bob juga orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.
Sebagai pemilik tunggal Kem Chick, Dirut PT Boga Catur Rata, dan PT Kem Foods, serta PT Kem Farm, Om Bob mengatakan tentang definisi sukses, bahwa belum dapat disebut sukses jika seseorang belum mengalami kegagalan berkali-kali, jatuh berkali-kali. Dengan merasakan sakitnya gagal itu lalu bangkit dan tahu nikmatnya berhasil, saat itulah baru tahu maknanya sukses.

Selain itu, Om Bob mengatakan, kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak berpikir untuk membuat rencana, sehingga tidak segera melangkah. Ia menyebutkan, bahwa ketika orang hanya membuat rencana karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain, maka muncullah sifat arogan. Padahal, intinya sebenarnya sederhana saja, lakukan dengan action dan berusaha dengan totalitas dan jangan takut untuk gagal.

Dalam hal ini, Om Bob telah membuktuikan sendiri, ia hanya bermodal nekad. Tapi, berlandasan niat dan keyakinan serta kerja keras pantang menyerah. Sukses itu bukan teori. Namun didapat dari perjuangan dan kerja keras serta dilandasi kuat untuk mewujudkan cita-cita.

Di samping itu pada saat launching program CSR yang bertemakan ‘Go Entrepreneur’ yang dilakukan oleh salah satu perusahaan BUMN, Om Bob mengajak generasi muda untuk tidak takut mencoba sesuatu hal yang baru. “Jika Anda mau sukses, jangan takut untuk mencoba,” katanya.

Om Bob menambahkan kunci sukses dalam berbisnis itu adalah tidak mudah menyerah dan jangan takut untuk gagal. “Dengan kegagalan, kita bisa belajar bagaimana ke depan supaya lebih baik lagi. Jadi, jangan pernah takut untuk gagal, “ katanya.

Berterimakasihlah pada kegagalan yang terjadi, baik itu dikomplain pelanggan, tertimpa rugi, ditipu orang, dicibir teman, keluarga dan mungkin saudara. Berterimakasihlah pada mereka, karena itu adalah vitamin sekaligus leverage bagi kita untuk menuju suskes sesungguhnya.[marketing.co.id]

Poskan Komentar

 
Top